Kamis, 04 Oktober 2012

Pengujian Kadar Debu (TSP) Udara Ambien secara Gravimetri

Pada tahun 2012 ini, pengukuran kualitas udara di Kabupaten Tuban dimulai lagi pada bulan September. Pengukuran dilaksanakan di seluruh kecamatan yaitu sebanyak 20 kecamatan. Sama dengan tahun sebelumnya, lokasi pengukuran di tiap kecamatan dipilih di ibukota kecamatan, dengan pertimbangan merupakan daerah yang paling padat aktifitasnya dan tersedia sarana prasarana penunjang. Pemantauan ini bertujuan untuk mengetahui status mutu udara ambien di Kabupaten Tuban dilihat dari parameter kadar debu atau kadar total partikulat (Total Suspended Particulate/TSP).
 Metode yang digunakan adalah metode gravimetri dengan menggunakan peralatan high volume air sampler (HVAS) sesuai SNI 19-7119.3-2005. Prinsip uji metode ini adalah udara dihisap melalui filter di dalam alat dengan menggunakan pompa vakum laju alir tinggi sehingga partikel terkumpul di permukaan filter. Jumlah partikel yang terakumulasi dalam filter selama periode waktu tertentu dianalisa secara gravimetri. Laju alir dipantau saat periode pengujian. Hasilnya ditampilkan dalam bentuk satuan massa partikulat yang terkumpul per satuan volum contoh uji udara yang diambil sebagai ug/m3.
Parameter lingkungan yang penting untuk dicatat adalah suhu dan tekanan pada saat dilakukan pengukuran karena parameter tersebut akan digunakan untuk koreksi laju alir pada kondisi standar (Qs) yaitu pada suhu standar (Ts) 298 K dan tekanan standar (Ps) 760 mmHg.
     Qs = Qo * {(Ts*Po)/(To*Ps)}^1/2
Laju alir yang sudah dikoreksi diperlukan untuk penghitungan volume udara yang dihisap. Laju alir diukur minimal sebanyak dua kali untuk kemudian diambil rata-ratanya (dalam m3/menit), dan dikalikan dengan waktu pengambilan contoh t (dalam menit) sehingga akan diperoleh volume udara yang dihisap V (dalam m3).
     V = {(Qs1+Qs2)/2} * t
Kadar debu atau konsentrasi partikel tersuspensi total dalam contoh uji dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut
     C = (W2-W1) * 1.000.000 / V
C    adalah konsentrasi dalam ug/Nm3
W1 adalah berat filter awal dalam gram
W2 adalah berat filter akhir dalam gram
V    adalah volume contoh uji udara dalam m3
1.000.000 adalah konversi satuan dari gram ke ug 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar