Kamis, 18 Oktober 2012

Pembinaan Laboratorium Daerah oleh PPEJ KLH Yogyakarta

Dari kiri : Bu Novi, Pak Dedy (Sekretaris BLH) dan Bu Sinto
UPTB Laboratorium Lingkungan Hidup BLH Tuban mendapat kunjungan kehormatan dari Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ) Yogyakarta pada16-17 Oktober 2012. Maksud kunjungan tersebut adalah dalam rangka kegiatan peningkatan kapasitas laboratorium daerah yang merupakan program lanjutan PPEJ untuk meningkatkan "level" laboratorium lingkungan hidup dearah di wilayah Jawa, yang selanjutnya diarahkan untuk akreditasi dan registrasi sebagai laboratorium lingkungan.
Berdasarkan hasil kajian pemetaan laboratorium daerah yang berada di sepanjang DAS Bengawan Solo, hasil kerjasama PPEJ dengan PSLH Universitas Gajahmada, menempatkan UPTB Laboratorium Lingkungan Hidup BLH Tuban dalam kategori 3, yaitu kategori laboratorium daerah yang memiliki komitmen, telah beroperasi dan mampu diarahkan untuk persiapan akreditasi dan registrasi. Dari hasil kajian inilah UPTB Laboratorium Lingkungan Hidup BLH Tuban menjadi salah satu dari sepuluh laboratorium yang menjadi locus pembinaan oleh PPEJ  pada tahun 2012 ini.
Petugas PPEJ yang berkunjung ke Tuban sebanyak 2 orang yaitu Ibu Sinto Natalia dan Ibu Novita Razak. Beliau berdua merupakan personil Bidang Peningkatan Kapasitas pada Sub bidang Peningkatan Kapasitas Laboratorium Daerah PPEJ Kementerian Lingkungan Hidup. Materi pembinaan meliputi parameter-parameter yang menjadi persyaratan (baik persyaratan manajemen maupun teknis) dalam rangka pemenuhan persyaratan akreditasi berdasarkan ISO 17025 maupun ketentuan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 6 tahun 2009 tentang Laboratorium Lingkungan.
Saran masukan yang disampaikan dalam kegiatan pembinaan ini tentu menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk menuju kinerja yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar